Kupas Tuntas Teknik Bertahan Pada Formasi 433

Tetapi jangan terlampau sering melakukan tendangan spekulasi, mengingat juga tidak diharuskan bergantung pada keberuntungan tendangan spekulasi. Formasi ini sering dipakai oleh team yg kalah secara kualitas akibat team yang dilawannya. Misalnya saat Yunani vs Spain saat babak penyisihan team World Cup 2010, oleh Yunani yang menerapkan strategi ini. gol akan tercipta jika para gelandang dapat memberikan ruangan umpan yg baik ke pada striker atau winger dengan melakukan terobosan atau long passing. Pola penyerangan ini lagi-lagi membantah pendapat bahwa catenaccio adalah permainan tim lemah yang tidak mempunyai pemain berkualitas.

Di dalam sepak bola, bola panjang merupakan sebuah tendangan atau umpan jauh yang dilakukan kiper atau bek dari garis pertahanan mereka langsung ke lini depan. Biasanya di dalam menerapkan taktik ini penyerang harus memiliki fisik yang tinggi besar agar dapat berduel memenangkan bola. Sesudah si penyerang memenangkan pendule udara, pemain di sekitarnya harus mendaptkan bola liar atau second ball untuk hasil umpan panjang tersebut. Inter Milan dan Timnas Italia sama-sama menggunakan formasi dasar 3-5-2, dengan sweeper berada di belakang dua bek tengah.

14. Waktu bola dikuasai oleh lawan di sekitar gawang kita, kita harus melakukan pressure terhadap bola sehingga serangan mereka bisa kita patahkan atau setidak-tidaknya kita hambat. Adapun ketika lawan menguasai bola di daerah pertahanan mereka, kita juga diharuskan melakukan pressure terhadap adulador sehingga kita bisa menarik dan menguasai bola tuk kemudian mencetak gol.

Formasi terkait mengarahkan posisi gelandang menggiring beberapa orang timnya ke depan untuk menyerang. Selanjutnya satu orang mundur spontan ke belakang untuk mengamankan sisi pertahanan.

Hendaknya para pemain depan tim kita senantiasa berusaha untuk bisa mencuri bola yg sedang dikuasai oleh afin de pemain belakang lawan. Andai hal itu berhasil diterapkan, peluang mencetak gol cukuplah besar. Contoh yang amet mudah untuk dilihat ialah seorang gelandang tengah yg memang berada di periode tengah lapangan tidak pergi dari dari posisinya saat seluruh pemain melakukan serangan. Gelandang tengah itu tetap berada di bagian tengah area untuk menjaga ritme penyerangan yang dilakukan oleh pemain lain. Hal ini juga berlaku untuk pemain lain dalam posisi bek, sayap hingga striker.

Dari depan pola gerakan tendangan pertama, tendangan penjuru, tendangan bebas, hingga lemparan ke dalam harus benar-benar dilakukan dengan baik. Ini akan jauh maksimal hasilnya ketika player terus berlatih sesuai perannya masing-masing juga. Juga jangan dilupakan bahwa catenaccio Herrera dan Bearzot sama-sama mempunyai penyerang berdarah pembunuh dalam depan.

Untuk memainkan sbarra, selain membutuhkan barisan pertahanan yang sudah disebutkan sebelumnya, juga harus memiliki gelandang pengatur serangan dan fullback yang berkualitas. Double turns juga sangat berperan saat tim memulai membangun serangan (Build Up). Sistem yg paling lazim digunakan tuk double pivot adalah satu orang turun mengambil bola dan satu lainnya sedikit kedepan untuk mencari celah diantara striker dan lini tengah tim lawan.

Bearzot memiliki Paulo Rossi dan Herrera memiliki Sandro Mazzola. Dua striker inilah yang membuat atensi bek lawan teralihkan, sehingga dapat memberikan keleluasaan untuk gelandang dan fullback tuk menyerang dari lini kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *